Hukum Hijab

Hijab jilbab nignag J-0913003Hukum hijab bagi wanita muslimah sudah diatur di dalam Alqur’an yang menyatakan ketegasan bagi mereka yang sudah terkena taklif. Namun, tidak diwajibkan bagi wanita non muslim karena tidak terbebani oleh syariat. Disamping itu hijab termasuk ibadah karena menunjukkan ketaatan dan kepatuhan terhadap segala aturan yang ditetapkan oleh Allah.

Adapun jilbab adalah busana yang menutup kepala hingga dada yang biasanya diikuti oleh pemakaian busana muslim. Namun, tidak sedikit yang memahami dan mengerti akan hukum hijab sehingga mereka terkesan tidak peduli akan hukuman yang nantinya diberikan.

Hukum mengenakan hijab memang wajib bagi semua wanita muslimah, namun perlu dipahami bahwa mengenakan hijab tidak sebatas mengenakan kain sebagai penutup kepala dan dada saja, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan. Diantaranya adalah tidak memperlihatkan lekuk dengan pemilihan hijab yang ketat atau bahkan sengaja memperlihatkan bagian tertentu dengan tujuan style. Ini jelas saja tidak dibenarkan. Selain untuk kepala, dada dan punggung, hal lain yang harus dihijabi adalah hati dan perilaku. Seorang wanita muslimah hendaknya berperilaku baik dan sesuai dengan syariat agama Islam. Yang demikian ini baru dapat dikatakan sebagai hijab yang sempurna dan sesuai dengan syariat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s